h2.post-terbaru { display:none; }

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram

Instagram secara resmi merilis mode gelap atau dark mode sebagai fitur terbaru pada aplikasi Android dan iOS. Beberapa waktu lalu, Instagram sudah mengenalkan melalui versi beta.

Mode gelap ini hadir pada update terbaru Instagram versi 114.0, dengan syarat bahwa perangkat harus sudah menjalankan iOS 13 dan atau Android Q.

Meski ada persyaratan nyata, namun dalam beberapa kasus pengguna Android 9 pun sebagian telah mencicipi fitur dark mode terbaru Instagram ini.

Adanya pilihan mode tampilan ini tentu akan semakin memanjakan pengguna, dimana ada sebagian pengguna yang lebih nyaman dengan tampilan mode gelap.

Kekurangan yang paling terlihat dari fitur ini adalah bahwa Instagram tidak menyertakan tombol alih tampilan sehingga pengguna harus melakukan perubahan secara manual.

instagram_dark_mode

Mengenal Mode Gelap di Instagram

Mode gelap bukanlah sebuah hal baru, ada banyak aplikasi yang sudah lebih dulu mengenalkan fitur dark mode ini. Sebut saja Twitter, Chrome dan beberapa aplikasi lainnya.

Display dengan tema gelap/hitam mungkin kurang disukai bagi sebagian orang, namun ada yang mengatakan bahwa mode gelap memiliki banyak keunggulan.

Salah satu keunggulan yang sering disebutkan oleh sebagian orang adalah bahwa mode gelap lebih irit dalam pemakaian kuota internet.

Bagi yang pertama kali mencoba mode gelap mungkin akan merasa asing dan kurang nyaman. Jika demikian adanya, pengguna masih bisa mengembalikan pada tampilan semula.

Selain Instagram, ada kabar bahwa seluruh aplikasi yang dinaungi oleh FaceBook akan memiliki fitur mode gelap, termasuk WhatsApp.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram

Sebelum mencoba mengaktifkan mode gelap, terlebih dulu harus mengatur layar pada perangkat smartphone menjadi gelap.

Bagi pengguna iOS, mengaktifkan mode gelap cukup mudah. Yaitu dengan membuka menu "Display & Brightness", kemudian pilih opsi "Dark".

Sedangkan untuk Android, mode gelap ada di pengaturan kemudian pilih "Display", selanjutnya pilih night mode atau mode malam.

Jika Instagram yang digunakan adalah versi terbaru, maka akan secara otomatis mengikuti tampilan layar yang berada pada mode gelap / night mode.

Cara Mematikan Mode Gelap di Instagram

Karena tidak terdapat tombol atau menu yang bisa digunakan untuk beralih tampilan Instagram, maka untuk mematikan mode gelap harus mengikuti langkah seperti ketika mengaktifkannya.

Setelah menon-aktifkan mode gelap melalui pengaturan display maka Instagram akan secara otomatis kembali pada tampilan semula.

instagram_mode_gelap

Respon Terhadap Mode Gelap Instagram

Sesaat setelah Instagram merilis fitur dark mode, banyak pengguna Instagram kemudian meramaikan fitur tersebut melalui tagar #Instagramdarkmode dan langsung menjadi trending topik di Twitter.

Melihat antusias yang cukup besar, sepertinya ada banyak pengguna yang sudah lama menantikan adanya fitur mode gelap di Instagram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Servers Status

Server Load 1

Server Load 2

Server Load 3

Live Statistics
43
Packages
65
Dropped
18
Invalid

File Transfers

  • TPSReport.docx
  • Latest_photos.zip
  • Annual Revenue.pdf
  • Analytics_GrowthReport.xls

Tasks in Progress

  • Wash the car
    Rejected
    Written by Bob
  • Task with hover dropdown menu
    By Johnny
    NEW
  • Badge on the right task
    This task has show on hover actions!
    Latest Task
  • Go grocery shopping
    A short description ...
  • Development Task
    Finish React ToDo List App
    69

Urgent Notifications

All Hands Meeting

Yet another one, at 15:00 PM

Build the production release
NEW

Something not important
+

This dot has an info state