h2.post-terbaru { display:none; }

Blogger Sudah Mendukung SSL Untuk Custom Domain

Blogger merupakan salah satu layanan blog gratis yang memiliki banyak pengguna, dimana Blogger merupakan layanan yang disediakan oleh Google. Setahun yang lalu, tren penggunaan SSL atau yang lebih dikenal dengan HTTPS mengalami peningkatan, terlebih banyak klaim yang mengatakan bahwa SSL dapat mempengaruhi SEO.

Pihak Blogger sendiri sudah mengenalkan fitur SSL untuk sub-domain blogspot sejak lama, namun sayang untuk pemilik blog dengan custom domain masih belum tersedia. Alternatif untuk hal tersebut, banyak pemilik blog yang kemudian menggunakan layanan pihak ketiga untuk memasang SSL.

Namun, semenjak sebulan terakhir (akhir tahun 2017) Blogger mulai melakukan uji coba fitur SSL untuk custom domain. Memang belum secara penuh diluncurkan, namun sudah banyak pengguna yang bisa mengaktifkan SSL/HTTPS pada blog mereka.

Sampai saat ini (tanggal artikel ini dibuat) fitur SSL untuk custom domain masih belum tersedia pada dashboard Blogger, untuk mengaktifkan fitur tersebut pengguna harus mengakses melalui laman draft.blogger.com.

Blogger Sudah Mendukung SSL Untuk Custom Domain
Pengaturan SSl Custom Domain Blogger

Setting SSL/HTTPS Blogger Custom Domain

Setelah mengaktifkan fitur SSL melalui menu Settings > Basic, pengguna diharuskan untuk melakukan beberapa pengaturan lainnya misalnya mengubah url yang semula masih menggunakan http ke https melalui mode pengaturan HTML (jika ada yang harus diubah).

Proses aktivasi SSL sendiri tidak terlalu lama, hanya berkisar 1-10 menit SSL sudah aktif pada blog. Namun, terkadang ada problem seperti iklan adsense yang tidak muncul dan sebagainya. Hal seperti ini wajar, karena tentunya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan https yang baru saja diaktifkan.

Selain itu, pengguna juga sebaiknya melakukan pengaturan ulang pada webmaster tool dengan menambahkan url yang terdapat https. Mengenai hal ini, adalah proses penelusuran yang dilakukan bot Google berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Servers Status

Server Load 1

Server Load 2

Server Load 3

Live Statistics
43
Packages
65
Dropped
18
Invalid

File Transfers

  • TPSReport.docx
  • Latest_photos.zip
  • Annual Revenue.pdf
  • Analytics_GrowthReport.xls

Tasks in Progress

  • Wash the car
    Rejected
    Written by Bob
  • Task with hover dropdown menu
    By Johnny
    NEW
  • Badge on the right task
    This task has show on hover actions!
    Latest Task
  • Go grocery shopping
    A short description ...
  • Development Task
    Finish React ToDo List App
    69

Urgent Notifications

All Hands Meeting

Yet another one, at 15:00 PM

Build the production release
NEW

Something not important
+

This dot has an info state